Tim Pendamping Kontrak LKPP, pertama kali dibentuk berdasarkan Keputusan Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Nomor 4 Tahun 2019,  pada tanggal 31 Juli 2019. Jumlah Tim Pendamping Kontrak saat itu sebanyak 70 (tujuh puluh) orang.

Selanjutnya, tahun 2020, LKPP kembali melakukan seleksi Pendamping Kontrak, sehingga jumlah keseluruhan Tim Pendamping Kontrak sebanyak 207 (dua ratus tujuh) orang tersebar di seluruh Indonesia.

Tim Pendamping Kontrak tersebut, dibentuk berdasarkan Keputusan Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Nomor 8 Tahun 2020, pada tanggal 22 Oktober 2020.  Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan tetap berlaku sepanjang tidak diubah atau diganti.

Pertimbangan Pembentukan Tim Pendamping Kontrak:

  • Dalam rangka melaksanakan tugas Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah dalam memberikan saran, pendapat, rekomendasi dalam penyelesaian sanggah dan permasalahan hukum lainnya di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah.
  • Besaran jangkauan wilayah, diperlukan adanya sumber daya manusia yang dapat membantu dalam perencanaan kontrak sampai dengan penyelesaian masalah kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah.

Tugas dan tanggung jawab Tim Pendamping Kontrak pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sebagai berikut:

  • melakukan telaah dan analisis dalam memberikan saran dan masukan mulai dari merancang, mengendalikan pelaksanaan atau mitigasi risiko kontrak; dan
  • memberikan solusi terkait permasalahan kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah berdasarkan prinsip-prinsip pengadaan dan peraturan yang berlaku.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, Tim melakukan koordinasi, konsultasi, dan melaporkan hasil kegiatan kepada Direktur Penanganan Permasalahan Hukum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Di sisi lain, Tim Pendamping Kontrak, berperan mencegah kerugian negara, dan berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Salam Pengadaan

SK Pendamping Kontrak:
Kep. Deputi IV LKPP No. 8 Tahun 2020 tentang pendamping kontrak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *